SOP BAKTI AKHIR SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH WANARAJA

 

A.      LATAR BELAKANG

SMA Muhammadiyah Wanaraja sebagai salah satu Lembaga penddikan swasta dengan reputasi yang telah berkembang baik, berupaya untuk terus memantapkan peran dan kontribusinya dalam membangun kapasitas kehidupan masyarakat secara menyeluruh dan berkesinambungan. Termasuk di dalamnya memperkuat kapasitas dan kualitas Siswa agar tidak hanya menjadi cerdas namun juga menjadi cendekia yang mampu menghasilkan inovasi terbaik bagi masyarakat. Salah satu program unggulan di SMA Muhammadiyah Wanaraja adalah SMAMUJA Mengajar sehingga membuat program Bakti Akhir Sekolah. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk memperkaya khasanah pengabdian dan pengembangan kepribadian bagi Siswa dan pembangunan masyarakat secara menyelurh.

Program BAS dilaksanakan di luar Sekolah dengan menggunakan mekanisme kerja dan persyaratan tertentu. Oleh sebab itu, kegiatan BAS tidak saja menjamin diperolehnya pengalaman dan pembelajaran di lapangan bagi Siswa yang terlibat, secara konkrit kegiatan ini juga bermanfaat bagi masyarakat, sekaligus menjadi jalur penghubung antara dunia akademik- teoritik dengan dunia empirik.

Melalui kegiatan BAS dapat dipastikan bahwa golongan remaja (dalam hal ini Siswa) tidak kehilangan perannya di masyarakat. Meskipun, BAS dilaksanakan dalam jangka pendek, namun, hal tersebut merupakan langkah awal untuk berintegrasi dengan masyarakat. 

B.      DASAR

Dasar utama pelaksanaan BAS adalah :

1.     Al-Qur’an dan As-Sunnah 

2.     BAS merupakan bagian integral dari Penguatan Profil pendidikan Pancasila .

3.     Agenda Kegiatan Akademik SMA Muhammadiyah Wanaraja TP. 2024-2025

4.     Program kerja UPT Pengabdian kepada Masyarakat SMA Muhammadiyah Wanaraja tahun 2024.

 

C.        TEMA UTAMA BAS 2025

Tema utama kegiatan Bakti Akhir Sekolah SMA Muhammadiyah Wanaraja tahun 2025 adalah : “Berbakti dengan Hati, Karena cinta perlu Bukti ” Siswa diharapkan mampu mendeskripsikan beragam program yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan informal (Kelompok Bermain, PAUD, dan Madrasyah Diniyah Takmiliyah)

 

D.      MAKSUD DAN TUJUAN

Tujuan program Bakti Akhir Sekolah (BAS) adalah :

1.     Mengasah kemampuan siswa untuk bisa hidup berbaur dengan masyarakat. 

2.     Menumbuhkan rasa peduli dan bermanfaat terhadap teman dan masyarakat.

3.     Membiasakan/menumbuhkan sikap tanggung jawab terhadap kewajiban pribadi dan kolektif. 

4.     Mengimplementasikan ilmu yang di dapatkan di sekolah dalam kehidupan bermasyarakat.

5.     Mendorong siswa untuk mendapatkan wawasan dalam kehidupan nyata di masyarakat.

 

BAB II 

PROGRAM KERJA BAKTI AKHIR SEKOLAH TAHUN 2025

A.   SELAYANG PANDANG PROGRAM BAKTI AKHIR SEKOLAH

Bakti Akhir Sekolah (BAS) merupakan suatu kegiatan intrakurikuler yang memiliki tujuan memadukan pelaksanaan konsep Pendidikan, melalui upaya pengerahan tenaga Siswa untuk berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat di pedesaan. Melalui program BAS, Siswa di sediakan wahana untuk menerapkan ilmu dan teori yang telah diperolehnya semasa menjalani beragam aktivitas di Sekolah.

B.   JENIS DAN BENTUK KEGIATAN BAS

  1.  Pengabdian kepada Lembaga Pendidikan (Madrasah Diniyah Takmiliyah, Pendidikan Anak Usia Dini, Kelompok Belajar ataupun Sekolah Dasar)
  2. Pengabdian terhadap lingkungan seperti pengelolaan tempat Ibadah ataupun tempat belajar (Majlis ta’lim).
  3. Partisipasi aktip dalam kegiatan kemasyarakatan baik sosial ataupun keagamaan. 

 

C.   ETIKA SISWA

 Etika Siswa selama kegiatan BAS adalah sebagai berikut :

a.    Memperkenalkan diri kepada aparatur desa/tokoh masyarakat/ketua RT/RW instansi terkait, serta menyerahkan bukti identitas diri.

b.    Melakukan sosialisasi kelompok pada masyarakat.

c.    Menjaga nama baik Sekolah SMA Muhammadiyah Wanaraja dan nama pribadi.

d.    Menunjukkan sikap baik dan menjaga ketertiban umum.

e.    Hindari melakukan pelanggaran etika/ tindakan asusila/ hukum pidana dan perdata.

f.     Hindari keterlibatan atau kecenderungan pada salah satu organisasi.

g.    Menghargai perbedaan diantara sesama anggota kelompok BAS maupun di tengah masyarakat/ tempat praktek profesi.

h.    Tunjukkan kemampuan kerjasama kelompok diantara anggota kelompok BAS.

i.      Berkoordinasi dengan Guru pembimbing secara baik dan berkelanjutan.

j.     Menyelesaikan tugas dan program sesuai dengan panduan dan melaporkannya sesuai waktu yang telah ditetapkan.

D.   PROSEDUR KEGIATAN

Prosedur pendaftaran program BAS adalah sebagai berikut :

a.    Siswa melakukan proses pendaftaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, dan melakukan proses pembayaran keuangan.

b.    Siswa dan  Guru mengikuti acara pembekalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

c.    Siswa dan Guru melaksanakan kegiatan BAS.

d.    Siswa dan Guru wajib mengikuti acara monitoring dan evaluasi yang telah ditentukan oleh lembaga.

e.    Pelaksanaan kegiatan Lomba Antar Diniyah 

f.     Pelaksanaan Kegiatan seminar hasil akhir BAS.

g.    Penarikan Siswa dari Lokasi.

 

  

E.    DAERAH SASARAN BAS

Daerah sasaran BAS disesuaikan dengan ajuan dan pemetaan yang didasarkan pada hasil survey lokasi dan kondisi Siswa yang dilakukan tim Kerja Sekolah yaitu di Kecamatan Wanaraja – Sucinaraja dan Pangatikan dengan Sasaran BAS adalah :

a.    Taman Bermain Anak ataupun Pendidikan Anak Usia Dini, Raudhatul Athfal  (PAUD)

b.    Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT)

 

F.    JADWAL KEGIATAN BAS

 

No

RENCANA KERJA

WAKTU

SASARAN KERJA

1.

Penyerahan Surat Perizinan

2-4 Februari 2025

Tempat BAS

2.

Pembekalan Peserta BAS

4 - 6 Februari 2025

Siswa dan GPL

3.

Survei Peserta dan Pembimbing

7-9 Februari 2025

Lokasi BAS

4.

Pelaksanaan BAS

10 – 21 Februari 2025

Siswa dan GPL

5.

Kegiatan penutupan kegiatan

22-23 Februari 2025

Siswa dan pihak tempat BAS

6.

Seminar Hasil BAS

24 Februari 2025

Siswa, Guru, Sekolah

7.

Pengumpulan Laporan BAS

24 – 29 Februari 2025

Siswa

8.

Penarikan/ Penutupan Program BAS

24 Februari 2025

Siswa dan Guru Pembimbing

 

  1. KEPANITIAAN

( Terlampir )

 

  1. RENCANA ANGGARAN PEMBIAYAAN

A.    Administrasi                                      : Rp.    250.000,-                        

B.    Banner Utama 1 x 150.000,-               : Rp.    150.000,-

C.    Banner posko 6 x 100.000                  : Rp.    600.000,-

D.   Operasional kelompok 500.000 x 6      : Rp. 3.000.000,-

E.    Plakat 12x150.000,-                           : Rp. 1.800.000,-

F.    Honor Pembimbing 6x 200.000            : Rp. 1.200.000,-

G.   Honor Panitia                                    : Rp. 2.000.000,-

H.   Transportasi                                      : Rp.    250.000,-

JUMLAH  TOTAL                                : Rp. 9.250.000,-

(Sembilan Juta Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)

 

  1. GURU PEMBIMBING DAN MONITORING EVALUASI

 

Guru pembimbing adalah guru yang telah diajukan oleh sekolah untuk membimbing kelompok Siswa BAS. memiliki reputasi kerja yang baik dan berkomitmen untuk membantu Siswa menyelesaikan tugas BAS. Guru pembimbing wajib untuk membimbing Siswa sejak pra pemberangkatan, pemberangkatan, proses monitoring dan evaluasi, penarikan Siswa hingga penyusunan laporan kegiatan BAS ke sekolah.

Bimbingan dilakukan oleh Guru pembimbing lapangan untuk membantu Siswa dalam menyelesaikan rangkaian tugas dalam BAS. Sehingga Siswa dapat berkonsultasi dengan guru pembimbing untuk kegiatan yang dilakukan dalam 2 minggu.

Monitoring dan evaluasi akan dilaksanakan oleh UPT Pengabdian kepada Masyarakat menurut pada jadwal yang ditentukan. Monev terdiri dari progres kegiatan BAS dan capaian dari luaran yang diperoleh dari setiap siklus BAS.

J.    PELAKSANAAN

Dalam pelaksanaan kegiatan BAS, Siswa dan guru dianggap sebagai salah satu kesatuan yang utuh dan harus saling melengkapi satu sama lain. Sehingga guru dan Siswa sama- sama bertanggung jawab terhadap pelaksanaan program BAS. Mengenai proses perkembangan program yang harus dilakukan dalam BAS maka harus dilakukan beragam pendekatan yang sesuai dengan sosiokultural masyarakat setempat. Guru pembimbing wajib menjelaskan dan memberikan pengarahan kepada Siswa mengenai pola pendekatan yang perlu untuk memuluskan jalannya kegiatan BAS. Mulai dari pra pemberangkatan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi hingga penarikan dan penyelesaian laporan akhir.

 

K.   MONITORING DAN EVALUASI

Monitoring dan evaluasi dilakukan untuk mengukur ketercapaian tujuan program BAS selain itu juga dapat dikembangkan beragam masukan baru yang dapat menjadi salah satu pengayaan dan peningkatan kualitas program BAS di masa yang akan datang.

Prosedur Monitoring dan Evaluasi adalah sebagai berikut :

a.    Monitoring dan evaluasi dilakukan 2 kali didalam 1 minggu secara berkelanjutan oleh guru pembimbing BAS.

b.    Monitoring keseluruhan dilakukan pada saat pelaksanaan Seminar Hasil BAS.

 

L.    SISTEMATIKA LAPORAN BAS

Laporan BAS diserahkan kepada guru pembimbing melalui hard cover paling lambat 2 hari setelah kegiatan BAS Berakhir. Sistematika laporan terlampir. Dengan Ketentuan:

a.    Laporan BAS merupakan laporan individu, bukan laporan perkelompok, walaupun dalam dalam pelaksanaan lapangan bisa dimungkinkan Siswa melakukannya dalam kelompok kecil, sesuai dengan lokasi posko BAS Siswa.

b.    Diketik dalam kertas HVS Ukuran A4, Huruf Times New Roman 12pt, 1,5 spasi margin normal (2,4 cm) kiri, kanan, atas dan bawah.

c.    Warna cover sesuai dengan kesepakatan kelompok masing-masing. Format laporan dapat dilihat pada lampiran 2.2.

d.    Laporan harian berupa dokumentasi yang dikirimkan kepada guru pembimbing dari guru pembimbing dikirimkan ke pihak sekolah.

BAB III

PENUTUP

 

Pedoman kegiatan BAS merupakan salah satu inovasi dalam pengembangan kapasitas Siswa untuk menjawab tantangan masyarakat di masa yang akan datang. Kemampuan bangsa Indonesia dalam menjawab beragam tantangan dan kekuatan global harus dihadapi dengan kerja keras dan kesigapan serta ketepatan dalam menjawabnya. Hal ini yang mendorong dibutuhkannya program BAS.

 

Sebagai salah satu sekolah yang telah memiliki akreditasi A, maka SMA Muhammadiyah Wanaraja berkomitmen untuk membangun dan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia ke depan. Semuanya menjadi tantangan tersendiri, sulit tapi bukan mustahil untuk dapat diselesaikan. Kekuatan Indonesia ke depan harus selalu menjawab kebutuhan masyarakat.

 TIM PENYUSUN

 

 

Penanggung jawab                       : Kepala Sekolah  SMA Muhammadiyah  Wanaraja                               

Irwan Firdaus, S.Pd.I. M.Pd.

Pengarah                                    : Wakasek. Kurikulum

Nandang Rahmat, S.Ag

 

Panitia Pelaksana                         : H. Yudi Patmadinata, S.Pd.I.

Hiban Alianur, S.Pd

Wawan Setiawan, S.Pd.

Sopiyan, S.Pd.

Cep Rofi Awaludin, S.Pd.

 

Guru Pembimbing                         

1.   Lisnawati Affandi, S.Pd

2.   Citra Siti Kamilah, S.Pd

3.   Farizatul Puadzah, S.Pd

4.   Syarifah , S.Pd.

5.   Rismayanti Fauziyah, S.Pd

6.   Imas Rini Rukmana, S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bakti Akhir Sekolah

SMA Muhammadiyah Wanaraja

 

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

SMA MUHAMMADIYAH WANARAJA

SMA Muhammadiyah Wanaraja sebagai salah satu unsur strategis dalam Pendidikan nasional, berfungsi mengembangkan kemampuan, membentuk watak, serta peradaban bangsa yang bermartabat. Selain itu, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, SMA Muhammadiyah Wanaraja pun memiliki tugas pokok untuk mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, serta bertanggung jawab.

 

Dengan mempertimbangkan fungsi dan tugas pokok tersebut, maka prioritas pencapaian sasaran terutama diarahkan pada upaya peningkatan mutu. Peningkatan mutu ini diperlukan untuk memenuhi tuntutan masyarakat sekitar yang merupakan perwujudan komitmen nasional.

 

Tantangan dalam bidang pengabdian saat ini adalah menghadirkan inovasi yang dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Terutama berkaitan dengan program perkembangan dunia pendidikan maupun sisi kehidupan lainnya. Oleh karena itu SMA Muhammadiyah Wanaraja kali ini tetap mengembangkan program BAS yang adaptif dengan kebutuhan masyarakat, dalam upaya pemulihan di tengah pandemi, namun juga memberikan fasilitasi kepada civitas akademika SMA Muhammadiyah Wanaraja untuk dapat mengembangkan karya nyata ditengah masyarakat melalui berbagai produk penelitian yang telah dihasilkan yang kemudian diimplementasikan di tengah program pengabdian kepada masyarakat.

Dengan adanya tantangan tersebut, terbitnya Buku Panduan Pelaksanaan Progaram Bakti Akhir Sekolah SMA Muhammadiyah Wanaraja pada tahun ini semoga dapat lebih memantapkan kesiapan Tim Pelaksana, Guru Pembimbing Lapangan (GPL), dan siswa dalam melaksanakan Bakti Akhir Sekolah (BAS).

 

Garut, 02 Februari 2025 

Kepala Sekolah

SMA Muhammadiyah Wanaraja

 

 

Irwan Firdaus, S.Pd.I, M.Pd.

NBM : 1.278.085

 

 

 KATA PENGANTAR

 

Segala Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga bisa menyelesaikan pedoman Bakti Akhir Sekolah (BAS) ini. Tak lupa shalawat serta salam semoga tetap terlimpah kepada Nabi Muhammad saw.

 

Bakti Akhir Sekolah (BAS) adalah salah satu bentuk rangkaian kegiatan yang berupaya untuk membentuk karakter Siswa yang sigap dan siap untuk menjawab tantangan dalam kehidupan akademis serta tantangan kehidupan nyata di tengah masyarakat. Pelaksanaan BAS yang diberikan bagi Siswa semester 6 dan telah menyelesaikan rangkaian proses pembelajaran adalah salah satu upaya membangun karakter kehidupan yang seimbang antara kognitif, afektif dan psikomotor. SMA Muhammadiyah Wanaraja sebagai salah satu perguruan dengan Akreditasi A, berupaya untuk terus mengembangkan berbagai kompetensi lulusannya, agar mampu menghadirkan manfaat sebaik-baiknya bagi masyarakat, nusa dan bangsa.

 

BAS adalah proses dimana siswa dipersiapkan untuk menghadapi kehidupan nyata di tengah masyarakat, namun untuk tahun 2025  Semoga, program BAS dapat menjadi kawah candradimuka bagi siswa SMA Muhammadiyah Wanaraja untuk dapat tumbuh dan berkembang menjadi pemimpin-pemimpin baru di tengah masyarakat.

 

Namun demikian, pedoman ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saran dan kritik yang membangun masih diperlukan adanya. Dan kami ucapkan terima kasih kepada unsur pimpinan, dan seluruh sivitas akademika SMA Muhammadiyah Wanaraja  atas kontribusinya menyempurnakan program BAS. Akhir kata, kami mohon maaf atas segala kekurangan yang ada semoga, apa yang telah dilakukan menjadi catatan amal ibadah bagi kita semua.

 

 

Penyusun

 

 

 

 

 

 

 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OPEN RECRUITMENT

OPEN RECRUITMENT
Selamat datang di situs kami, The Progressive School.

Blogger templates

SEKOLAH BERBUDAYA & BERKEMAJUAN

SEKOLAH BERBUDAYA & BERKEMAJUAN

Popular Posts